Berkelana dengan Macbook Air 11″

20131123_172808

Saya selama 3 bulan belakangan ini telah merasakan keistimewaan menggunakan Macbook Air 11″. Walau sebelumnya selalu menggunakan PC dalam segala hal tapi akhirnya saya menjatuhkan pilihan saya untuk membeli Macbook Air yang sangat tipis dan ringan untuk dibawa dalam perjalanan bisnis maupun wisata.

Sesuai dengan slogan Apple, seluruh fitur dalam Macbook Air sangatlah minimalis dan ringkas. Itulah sebabnya saya merasa puas bekerja dengan komputer ultra kalau bukan netbook ini di ranah PC. Desain yang edgy membuat tampilan setiap dokumen dan website menjadi lebih indah dibandingkan di PC. Walaupun demikian bukan tidak mungkin tampilan PC masa kini tidak kalah seperti Mac. Selain itu terkadang mouse atau dalam Bahasa Indonesia, tetikus diperlukan ketika bekerja turut dirasakan. Walaupun demikian hingga saat ini saya menghindari sebisa mungkin untuk bekerja dengan menggunakan tetikus dan memaksimalkan peran touchpad.

Berikut merupakan aplikasi wajib dan paling saya sukai ketika bekerja dengan Macbook Air.

  1. Evernote : Saya pun membuat catatan ini dengan menggunakan aplikasi gratis ini. Evernote memiliki keunggulan dan kemudahan dalam sinkronisasi antar gadget baik Android, PC maupun Mac serta berbagi di berbagai jejaring sosial.
  2. Open Office: Walaupun saya memakai MS Word di PC namun saya menggunakan Open Office yang secara tampilan hampir sama. Jadi bukan masalah bagi saya untuk bekerja lintas program. Walaupun memang terkadang saya masih mengakui kesal dengan incompatibility MS Word di Mac dan PC.
  3. Noisy Typer : Saya menemukan program suara mesin tik secara tidak sengaja ketika membaca Fast Company. Saya memang selalu bekerja dengan suara maka tak heran musik selalu menjadi bagian dari pekerjaan saya sehari-hari apalagi ketika di kantor. Suara mesin tik yang terdengar setiap menekan tombol keyboard menjadi suatu irama indah di telinga apabila musik sudah tidak mampu membuat saya konsentrasi dan tetap produktif.
  4. 8Tracks : Inilah aplikasi streaming mix tape yang paling saya rekomendasikan ketika saya bekerja atau dimana saja. Aplikasi ini pun sudah tersedia antar Android, PC maupun Mac. Ada pula GroovesharkSoundCloudJango sebagai aplikasi serupa. Namun keunggulan yang saya sukai dari 8tracks adalah tampilannya yang ciamik. Kemudian yang paling saya sukai dari 8tracks adalah seluruh musik yang sedang didengar, dapat saya bagikan dalam aktivitas Last.fm. Anda juga dapat membuat mixtape lagu kesukaan untuk kemudian dibagikan kepada seluruh jejaring sosial yang Anda miliki. Membuat mixtape sangatlah menyenangkan walau saya baru sempat membuat satu diantaranya. Tema yang Anda inginkan pun dapat bervariasi misal daftar lagu untuk lari pagi, bekerja di siang hari yang bikin ngantuk, atau malah musik ketika galau melanda. Selain itu buat pula sampul album mixtape Anda yang keren sehingga banyak yang memberi LIKE pada mixtape Anda.
Advertisements

One thought on “Berkelana dengan Macbook Air 11″

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s