6 Alasan Mengapa Kartu Nama Itu Penting

DSCF7382

Terkadang tanpa kita sadari kehadiran kartu nama masih sangat diperlukan di era digital saat ini. Saya pun hingga kini sangat suka mengkoleksi kartu nama baik dari hotel, toko, restoran, kolega dan tentunya teman sendiri. Mengapa demikian?

1. Pengganti Kehadiran Fisik
Saya menganggap kartu nama dapat menggantikan kehadiran fisik dibandingkan media daring yang kita miliki. Kartu nama dengan tampilan segar dan menggambarkan karakter pribadi dapat membuat kita lebih percaya diri di muka publik.

2. Ekspansi Jejaring
Kartu nama sangat diperlukan apabila kita ingin untuk mengembangkan jejaring dan kolega dalam dunia bisnis maupun komunitas maupun freelance. Kartu nama juga sangat penting karena kita tidak akan pernah tahu apabila suatu saat bertemu dengan seseorang yang tidak pernah kita sangka berperan penting dalam kehidupan karir di masa depan.

3. Personal Branding
Berhubungan dengan poin pertama, kartu nama merupakan cara termudah untuk menampilkan imaji yang kamu inginkan di hadapan publik, contohnya saya sendiri:

“ Conservation Biologist with special interest in Ethical Tourism & Sustainability”

Personal branding sendiri sangatlah penting apabila kamu ingin tetap konsisten dan ingin orang lain mengetahui ruang lingkup pekerjaanmu. Personal Branding singkatnya adalah perwujudan diri sendiri yang mengedepankan reputasi dan kualitas pribadi untuk menciptakan kredibilitas dalam dunia profesional.

4. Identifikasi Karakter 
Saya selalu merasa ketika mendapatkan kartu nama dengan bentuk, warna dan desain yang berbeda merupakan momen yang sangat menarik. Di satu sisi, saya dapat mengetahui karakter lebih jauh tentang orang yang baru saya kenal terutama dari etika memberikan kartu nama. Apakah kalian sudah tahu bagaimana cara berbagi kartu nama yang baik dan benar?

5. Membuka Percakapan
Kartu nama juga dapat dijadikan sebagai alat untuk menghilangkan rasa malu ketika membuka dialog dengan seseorang yang baru kamu kenal. Sebagai contoh, kalian mungkin tidak akan pernah menduga sebelumnya jika memiliki minat yang sama akibat bertukar kartu nama.

6. Business Card vs Personal Card
Keduanya sangatlah penting! Oleh karena itu tidak heran beberapa teman, termasuk saya, memiliki beragam tipe kartu nama. Sesuai dengan keperluan pekerjaan dan penempatan ruang, kartu nama yang sesuai diperlukan jikalau kamu punya pekerjaan sampingan yang berbeda jauh dengan pekerjaanmu sehari-hari. Hitung-hitung rencana dan strategi masa depan, kartu nama dapat dijadikan langkah awal untuk mewujudkan rencana pensiunmu.

Jadi apakah kamu sudah memiliki kartu nama? Apabila belum kamu dapat mencoba tantangan blog dari kartunama.net ;)


Foto adalah semut di atas daun ketika saya sedang berada di salah satu lokasi feeding ground orangutan Taman Nasional Tanjung Puting. Selanjutnya tunggu tulisan saya ketika berkelana di taman nasional yang terkenal sebagai pusat rehabilitasi orangutan di Kalimantan Tengah ini.

6 Alasan Mengapa Kartu Nama Itu Penting pertama kali muncul di www.felicialasmana.com

14 Comments

  1. Badai says:

    Kak Fel, aku jadi inget belum rebranding kartu nama. Btw tagline ‘ethical tourism & sustainability’ itu keren banget, cocok sama imej kak Feli! #kasihjempol

    Like

    1. Felly says:

      Aku juga belom bikin kartu nama lagi euy. Thank you thank you. Dikau juga keren lhooo si websitenya. Sebenernya selain kartu nama, website juga harus direbranding. Salah satu personal project gue yg tertunda nih 😛

      Like

  2. sutiknyo says:

    Baru inget kartunamaku abis :)

    Like

    1. Felly says:

      Hahahah kode banget 😁

      Like

  3. Buat menjaring klien baru~~ #EH :D

    Like

    1. Felly says:

      Hahaha itu sih pasti 😄

      Like

  4. Ismail Agung says:

    ikutan ah..
    lumayan siganamah.

    Like

    1. Felly says:

      Mayan pisan… Terus baru inget desain kartunama gue ilang jadi harus bikin lagi (meh)

      Like

      1. Ismail Agung says:

        Desain KN dari kantor apalagi. Kurang berkarakter

        Like

  5. indrijuwono says:

    aku belum punya kartu nama kaaakkk..
    mesti bikin personal branding nih :
    architect who interested to travel and heritage

    ;)

    Like

    1. Felly says:

      Mangga euy

      Like

  6. Sinyo says:

    Aku mau bikin design dulu Kak hehe…

    Like

    1. Felly says:

      Siap! Hahaha

      Like

  7. kopertraveler says:

    Aku bikin design dulu ya Kak

    Like

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.