T & J

DSCF4283

Jenis narablog apakah saya?

Seperti yang telah kalian lihat dalam profil, saya memiliki latar belakang ilmu biologi dan pekerjaan dalam ranah konservasi + pengelolaan sumber daya alam. Beberapa teman ada yang bertanya mengenai kegiatan blog yang saya lakukan selama satu tahun belakangan. Saya tentunya bukan seorang penulis perjalanan apalagi 100% narablog perjalanan di saat yang sama. Saya kira harus digarisbawahi jenis narablog apakah saya. Saya memiliki banyak minat seperti perjalanan, fotografi, media sosial, kreativitas, dan sains populer.

Oleh karena itu saya telah melakukan kategorisasi blog menjadi beberapa bagian:

  1. Fieldnotes: Saya merasa perlu sekali merekam pekerjaan di masa lalu, masa kini dan kemungkinan yang mengarah ke masa mendatang atau mungkin hanya berupa catatan saat konferensi atau seminar. Selain itu segala pemikiranmu harus dituangkan dalam bentuk tulisan jadi saya memutuskan untuk membuat bagian ini untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan hal tersebut.
  2. Photos: Saya suka sekali dengan fotojurnalisme. Saya suka sekali tumblr dan pinterest dari foto-foto indah dan bermakna kuat dari seluruh dunia. Kalian juga akan menemukan foto traveling dan kerja lapangan pada bagian ini.
  3. Traveling: Ini adalah catatan perjalanan saya selama perjalanan bisnis atau pelesir. 
  4. Lifestyle: Apapun yang saya sukai, pakai, makan, kunjungi dan gabungan dari semuanya.

Mengapa membuatnya dalam dwi bahasa?

Saya ingin mencapai banyak orang dan tak hanya orang Indonesia semata dan harapannya pembaca di luar Indonesia dapat memahami Bahasa Inggris saya secukupnya. Saya berusaha selalu konsisten beberapa kali walaupun sulit karena mood yang naik turun. Walaupun demikian hal itu akan menjadi perjalanan blog-ku sama seperti kehidupan semua orang. Blog ini juga adalah latihan menulis dalam bahasa asing selain bahasa ibu.

Saya selalu berusaha untuk selalu konsisten dalam menulis. Untuk selera dan pengalaman pribadi akan tertulis dalam dwi bahasa. Terkadang kalian akan menemukan hanya dalam Bahasa Inggris atau Indonesia saja karena terkait persyaratan (lomba blog misalnya) atau tulisan lama yang masih saya sukai.

Terjemahan saya mungkin masih jauh dari kesempurnaan. Beberapa diantaranya telah diperpendek atau diubah sehingga mudah untuk dibaca. Saya juga memperhatikan bahwa blog saya berubah sepanjang waktu karena pengaruh lingkungan sekitar terutama dari buku yang telah saya baca. 

Mengapa saya membuat blog ini?

Blog ini dibuat untuk dibagikan kepada teman dan orang lain yang menemukan website saya secara tidak sengaja. Sebenarnya saya memiliki kesulitan dalam fokus dan prokrastinasi seperti orang lain tapi entah mengapa menulis blog dapat membuat saya lebih fokus. Terkadang tidak membantu juga sih tapi tidak mengapa (HA!)

Saya ingin membuat blog yang sederhana untuk semua orang terutama teman-teman. Memungkinkan Ilmu Biologi dan kerja lapangan lebih terjangkau bagi generasi muda. Bisa dibilang blog ini adalah warisan saya. Saya akan terus memperbaharui riset dan pekerjaan saat dalam wadah ini walaupun beberapa diantaranya telah terjadi di masa lalu karena blog ini akan online selamanya.

Sebagai rangkuman saya akan berkata bahwa saya adalah seorang biologiawan konservasi yang senang melakukan perjalanan bersama pasangan, kelompok atau sendiri. Perjalanan bersama pasangan dan kelompok menyenangkan untuk mendapatkan pengalaman bersama sedangkan perjalanan tunggal lebih merupakan perjalanan spiritual. Tidak hanya mengambil gambar dari segala tempat menarik secara ilmu pengetahuan dan estetika tapi juga untuk mendapatkan pengalaman budaya.

Saya juga menemukan salah satu cara terbaik untuk mengekspresikan diri kita adalah melalui media sosial dan blogging. Selain itu saya ingin agar website ini sebagai portofolio profesional, website personal, yang menunjukkan minat terbesar saya akan kehidupan pada teman dan kolega yang sangat mungkin jarang bertemu dengan saya. Mungkin agak sulit untuk mendefinisikan jenis narablog apakah saya. Jadi saya akan membiarkan kalian untuk memiliki pendapat sendiri :)

#Foto: Ornamen furnitur dengan ukiran kayu berkilau cangkang kerang di Pinang Peranakan Mansion, Penang