img_0149

Jurnal Chevening #2 : Event Orientasi di Excel London

Setelah postingan Jurnal Chevening #1 kali ini saya ingin berbagi tentang event pertama Chevening pada tanggal 22 Oktober 2016, yaitu Chevening Orientation Day untuk para scholars yang baru tiba dan mulai kuliah di Britania Raya pada bulan September atau Oktober.

img_0149
Chevening Scholars Indonesia. Photo by Jonta Saragih.

Sedari pagi hingga Magrib bertempat di ExCel London, para Chevening Scholars sudah dijamu dengan pernak-pernik foto bareng a la Britania Raya (dan tentunya Chevening), jumpa artis programme officer (staf khusus beasiswa Chevening), menghadiri berbagai seminar oleh para VIP spokepersons serta diskusi panel bertema perkembangan terkini dan masa depan sesuai dengan area studi masing-masing scholars. Dalam kegiatan setengah hari ini para scholars terus menerus diingatkan untuk tidak hanya selalu semangat sekolah, bekerja keras menuntut ilmu tapi juga menikmati setiap momentum selama tinggal di UK.

Acara yang paling banyak ditunggu bisa jadi adalah temu kangen dengan teman-teman setanah air karena kami semua tinggal tersebar di Inggris dan jarang ketemu kalau tidak ada acara khusus. Acara sosialisasi dan networking dengan para scholars dari negara lainnya juga sangatlah asyik dan mungkin mengambil porsi terbanyak acara hari itu selain ribuan peristiwa foto bareng dan unggahan sosmed di hari yang sama.

Chevening Orientation Day 2016 ternyata merupakan event networking Chevening terbesar saat ini. Acara ini juga telah dihadiri oleh sekitar 1.900 scholars dari 140 negara. Pada tahun ini Indonesia sendiri mengirimkan 67 Chevening Scholars yang saat ini telah berada dan sekolah di UK melalui beasiswa Chevening. Sebagai salah satu dari Chevening Scholars tentunya ini sungguh membanggakan bagi perkembangan karir saya pribadi dan teman-teman scholar lainnya karena kami dianggap sebagai top 5% yang berhasil menjadi Chevening Scholar dari 45.000 warga dunia yang melamar beasiswa Pemerintah Inggris tahun ini.

Terima kasih Chevening! Saya dan teman-teman tentunya akan sangat menantikan gebrakan acara Chevening selanjutnya selama 1 tahun kedepan.
img_0499
HRH The Prince of Wales dalam edisi video spesial untuk Chevening Scholars: “Hope you will forge friendships with British people that will last for the rest of your lives”
img_0502
The man himself, Boris Johnson says “The United Kingdom = a place for Talent + Freedom + Culture + Inspiration + Innovation + £££”.
img_0592
Teman-teman Chevening di University of Kent (ki-ka Brazil, Tibet, Belarus, Indonesia :))
img_0591
Selfie or Wefie? *mikir
img_0512
#IAmChevening
img_0494
The ExCel London, mungkin yang suka nonton Britain Got’s Talent familiar dengan gedung konferensi terbesar di London ini.

Baca pula liputan khusus Chevening Orientation 2016 melalui link dibawah ini:
http://www.chevening.org/scholars/news/2016/boris-johnson-welcomes-scholars-at-chevening-orientation-2016

Tulisan Jurnal Chevening #2 Event Orientasi di Excel London ini pertama kali muncul di www.felicialasmana.com

Save

Save

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s