Singapore: Wisata Kreatif Singapura

644308_10152011521249558_1341935687_n

Seharusnya saya menyajikan tulisan yang ini terlebih dahulu dibandingkan dengan India. Perjalanan saya yang ini merupakan bagian dari Creative Trip untuk semua pemenang YCPA (Young Caring Professional Award) 2013 bersama dengan juri dan rombongan dari Caring Colours – Martha Tilaar. Mengapa disebut dengan wisata kreatif? Kemungkinan karena hadiah perjalanan wisata ini diberikan pada pemenang dan peserta untuk tetap kreatif dan aktif berjejaring di segala kesempatan, waktu dan suasana. Berikut beberapa tempat yang kami kunjngi walau sebagian juga merupakan hasil eksplorasi pribadi.

  1. Merlion Statue : Ikon kota Singapura berupa patung berkepala singa dan ekor duyung atau malahan ikan. Mungkin ada yang tahu mengapa lambang Negara Singapura adalah Merlion?
  2. Esplanade Hall : Teknologi terkini dunia arsitektur menjadikan tempat ini sangat mutakhir untuk mengadakan acara musik, konser serta teater, walaupun terkadang di sekeliling gedung diadakan Grand Prix yang memekakkan telinga. Kami disini diajak untuk menikmati acara petunjukan tari/teater Moon Ballon dengan tata cahaya artistik, interior, dan ratusan balon kecil hingga raksasa yang keren dan memukau namun tetap sederhana.
  3. Singapore Flyer : Ingin merasakan sensasi high tea di Singapore Flyer? Saya cukup beruntung dapat merasakannnya. Ditemani jus jeruk, teh serta kue manis nan menggoda yang disediakan oleh seorang pelayan, kami dapat melihat Singapura dari ketinggian.
  4. Google Office : Bisa dibilang ini merupakan acara utama dalam wisata kreatif Caring Colours. Kami juga melihat berbagai fasilitas yang memanjakan para karyawan dan terlihat sangat fantastis seperti arcade & game room, movie room, gym, dan food station setiap 10 meter dari kubikel karyawan Google. Tahun depan malahan kantor berlantai 3 ini akan menambah salah satu fasilitas kolam renang. Selain melihat fasilitas yang ada kami juga diberikan presentasi tentang apa dan mengapa Google dapat berjaya di dunia maya hingga kini. Termasuk diantaranya karena efek googliness atau gaya hidup Google yang unik.
  5. Jamie Oliver’s Italian Restaurant: Jamie Oliver merupakan seorang ikon juru masak makanan sehat asal Inggris. Ia juga membuat branding yang sangat kuat dengan mempopulerkan masakan Italia-nya di berbagai negara. Restoran Italia miliknya ini baru saja buka beberapa bulan lalu di Singapura.
  6. THE HUB: Mungkin dapat dikatakan sebagai kantor bersama bagi para pekerja lepas (seperti commaID). Layak dikunjungi karena sangat seru dengan banyak poster + tata ruang yang unik + coffee bar. Percaya atau tidak di toilet wanitanya disediakan paket perawatan tubuh dari Body Shop! Selain memasuki kantor the Hub yang unik, kami juga mendapatkan kursus manajemen dan menulis inspiratif a la The Back of the Napkin  yang dipopulerkan oleh Dan Roam.
  7. DANONE Office: Keduakalinya saya berkunjung ke kantor Danone. Pertama kali di Jakarta dan kedua kali di Singapura karena menemani teman sesama finalis YCPA 2013, Dini Hajarrahmah. Perjalanan kali ini bernuansa kawasan perkantoran oleh karena itu secara resmi tentunya saya melakukan office hopping :D. Produk Danone seperti AQUA dapat ditemukan disini. Kantornya pun sangat sederhana namun tetap asik dan memiliki konsep serupa seperti di Jakarta dengan ruangan-ruangan bernamakan negara-negara dunia. Yang paling menarik adalah papan peta dunia dengan pin pita negara masing-masing karyawan DANONE.
  8. Garden by The Bay : Singapura memang jagonya untuk membuat hal-hal yang sebenarnya memiliki konsep sederhana namun dalam pelaksanaannya menjadi begitu wah. Terlepas Indonesia yang membangun pusat perbelanjaan di mana saja terutama Jakarta (semoga dengan kepemimpinan Jokowi pembangunan mall ini dapat diredam), Pemerintah Singapura sangat memperhatikan ruang publik dan ruang hijau. Tidak tanggung-tanggung taman dengan gaya futuristik namun tetap ramah lingkungan ini hadir di antar hirup pikuk nuansa perkotaan.
  9. The Mummy: sebuah pertunjukan yang menghadirkan mumi Mesir kuno dalam konsep 3D dengan narator Patrick Stewart (Startrek) yang dilanjutkan dengan perjalanan museum mengenai berbagai penjelasan sejarah masa lalu serta proses pembuatan mumi itu sendiri. Cukup menarik apabila suka dengan sejarah Mesir kuno.
  10. Orchard Road, Bugis Road, & Mustafa Road : Bukan Singapura kalau tidak berbelanja. Mulai dari barang merek terkenal di Orchard Road hingga oleh-oleh murah di Bugis & Mustafa Road. Singapura memang tempat yang asik untuk belanja atau hanya sekedar cuci mata semata.
  11. Campers Corner : sebagai pecinta aktivitas luar ruangan, tiap kali ke Singapura saya selalu mencari tempat membeli perlengkapan outdoor yang tidak dapat didapatkan di Indonesia. Campers Corner yang berlokasi di Waterloo Street dan sebelah Singapore Art Museum merupakan pilihan tepat apabila ingin mendapatkan barang-barang outdoor yang sangat berkualitas. Walau tidak ingin membeli, toko ini layak dikunjungi untuk cuci mata semata. Jangan lupa menekan bel kalau mau masuk ke dalam toko yaa … Nanti ada pintu otomatis yang akan terbuka untuk Anda ;)
Advertisements

2 thoughts on “Singapore: Wisata Kreatif Singapura

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s