India: Mabuk Masakan India

Tulisan kali ini mengenai masakan India yang terkenal berkari se-antero dunia.

Banyak teman berpikir bahwa selama ini saya telah menjadi seorang vegetarian padahal saya hanyalah seorang selective omnivore. Kalau dibilang pada keadaan tertentu saya tidak sepenuhnya vegetarian/vegan dan masih makan produk susu dan turunannnya. Jadi suka pilih-pilih makanan saja sesuai dengan keadaan. Yang pasti saya berusaha untuk mengurangi porsi daging merah & putih termasuk ikan belakangan. Jadi apapun istilahnya, selective omnivore, ¾ vegan, atau mindful eater sebenarnya saya hanya orang yang suka pilih-pilih makanan saja.

Nah dipikir-pikir sungguh sangat menyebalkan kalau berpikir pergi ke India akan menbuat seseorang menjadi seorang vegetarian atau vegan. Anda salah besar!! Selama perjalanan pada awal bulan Oktober kemarin, makanan India ternyata sangat memabukkan karena kaya akan cita rasa dan menambah nafsu makan. Tidak salah lagi membuat saya gendut dan naik satu setengah kilo. Bisa dibilang dengan porsi besar dan cukup untuk 2 atau 3 orang itulah yang membuat saya semakin niat makan Naan atau Chapati sebanyak-banyaknya. Saus yogurt pun sangat menggugah rasa di kala masakan menjadi terlalu berbumbu (jangan lupa untuk minum Lassi dan Masala Chai yang juga enak walau asal Anda tahu saja biasanya berbahan dasar susu kerbau).

Selain itu ternyata di India masih banyak pilihan untuk makan sebagai omnivora. Tapi jangan harap untuk mendapatkan masakan berbahan dasar sapi karena tentu saja sapi dianggap sebagai hewan suci di hampir semua kawasan. Walaupun menurut teman India di Agra, di Kalkuta bisa jadi Anda mendapatkan masakan berbahan dasar sapi. Kalau memang ternyata Anda makan sapi bukan tidak mungkin Anda akan masuk penjara setelahnya (hiiiii mengerikan!). Memakan atau menyembelih sapi masih merupakan pelanggaran hukum serius di negeri ini, Bung! Kalaupun masih niat untuk mendapatkan masakan ber-sapi-ria, Anda dapat mengunjungi Burger King atau McDonald yang rata-rata rasanya sudah disesuaikan dengan cita rasa India. Karena biasanya mereka telah memiliki divisi makanan vegetarian yang tidak akan pernah ditemukan di Indonesia.

Apabila sempat ke India janganlah ragu untuk mencoba segala jenis makanan. Delhi Belly alias sakit perut karena kebanyakan makan kari kemungkinan besar sangat umum terjadi pada beberapa hari pertama. Tapi bukan berarti Anda akan takut untuk mencoba bukan?

Selamat berwisata kuliner di India! :)

Advertisements

5 thoughts on “India: Mabuk Masakan India

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s