Cara Menulis Leadership Essay Untuk Beasiswa

Saat ini masih terdapat stigma bahwa isu kepemimpinan tidak berlaku untuk yang baru lulus kuliah atau profesional di awal karier. Setiap tahunnya saya juga selalu dihadapkan pada banyak pertanyaan bagaimana menulis esai tentang kepemimpinan untuk aplikasi beasiswa. Perlu diketahui bahwa Leadership adalah topik esai yang paling banyak ditanyakan termasuk networking untuk beasiswa Chevening.

Tulisan ini merupakan rangkuman singkat untuk refleksi kamu selanjutnya. Tulisan ini juga  tidak hanya berlaku dalam esai beasiswa namun dapat juga diaplikasikan dalam dunia kerja.

Bagaimana mengetahui gaya kepemimpinanmu?

Pikirkan apa arti kepemimpinan bagimu. Perlu ditekankan pula bahwa kepemimpinan tidak hanya berupa peran manajerial belaka. Pikirkan secara masak-masak apa yang membuat seseorang memiliki karakter pemimpin yang kuat. Apa tipe pemimpin untukmu dan apa yang kamu inginkan. Bandingkan dengan pengalamanmu di masa lalu, masa kini dan harapanmu di masa mendatang. Apakah kamu seseorang yang senang mendelegasikan tugas, fleksibel terhadap rekan sejawat atau memang seseorang yang lugas? Teruslah bertanya dalam diri sendiri apa yang membedakanmu dengan orang lain dalam karakter kepemimpinanmu.

Bagaimana menerjemahkan gaya kepemimpinan dalam bentuk tulisan?

Berusahalah untuk spesifik dalam menjelaskan pengalaman dan gaya kepemimpinanmu. Untuk itu penting sekali untuk menggunakan contoh dan cerita dalam menjelaskan pengalaman kepemimpinanmu. Walaupun demikian kamu dapat pula menjelaskan dari hal yang paling generik hingga spesifik dan kemudian merangkumnya di akhir paragraf. Perhatikan juga alur cerita dan kesinambungan (kohesi) dengan bagian esai lainnya. Penting pula untuk menerapkan metode STAR ketika mengembangkan struktur esaimu.

SSituation/Situasi
Definisikan gaya kepemimpinan dalam bahasamu sendiri. Jelaskan situasimu dan tambahkan detail serta keahlian yang membedakanmu dengan orang lain.
TTask/Tugas
Jabarkan tentang tugas, tantangan yang dihadapi serta tanggung jawab yang diemban.
AAction/Tindakan
Berikan contoh peran serta tindakan yang kamu ambil dalam pengalaman tersebut. Pastikan juga sesuai dengan karakter kepemimpinanmu
RResult/Hasil
Jelaskan hasil dan pelajaran yang dapat diambil dari pengalaman tersebut.

Kepemimpinan dalam konteks konservasi dan lingkungan hidup

Tentunya definisi kepemimpinan dalam konteks konservasi dan lingkungan hidup sangatlah beragam. Menurut saya pribadi, kepemimpinan adalah bagaimana membantu dan memberdayakan orang lain. Selain itu kepemimpinan tidak hanya mengenai orang lain tapi juga bagaimana memimpin diri kita sendiri. Sesuai dengan latar belakang sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia biologi konservasi dan isu keberlanjutan, kepemimpinan dapat pula diartikan bagaimana kita memotivasi sekelompok orang seperti masyarakat lokal untuk meraih tujuan konservasi yang sama.

Untuk itu seorang pemimpin konservasi memerlukan keterampilan strategis untuk bertindak secara efektif dalam organisasinya dan dalam penanganan tantangan konservasi sehingga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya. Selain itu pemimpin konservasi juga sangatlah memerlukan dukungan dari pemimpin konservasi lainnya sebagai bagian agen perubahan. Oleh karena itu berbagai kesempatan kuliah tingkat lanjut, training atau kegiatan pengembangan kapasitas lainnya sangatlah menentukan arah karier kita selanjutnya terutama bagi profesional awal karier dan fresh graduate.

Jadi bagaimana kamu mendeskripsikan kepemimpinan dalam konteks keilmuan dan latar belakang pribadi?


Tulisan Cara Menulis Leadership Essay Untuk Beasiswa pertama kali muncul di www.felicialasmana.com

Published by

Felly

Felicia Lasmana is conservation biologist, blogger in Bahasa Indonesia – English, passionate traveler, avid reader, sensible vegetarian and a tea addict. She has great interest in application of conservation science into practical solution such as sustainability related issue.

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.