India : Naik Kereta Api di india

20131010_045530

Berdasarkan pengalaman pribadi, pastikan juga kalian memiliki waktu yg cukup dari misal airport ke stasiun kereta. Minimal 3 jam tergantung macet atau antrian prepaid taxi (antriannya lama tapi kita terjamin dari ancaman penipuan karena  urusan pemesanan taksi dan autoricksaw/tuk-tuk diurus langsung departemen kepolisian setempat).

Stasiun India mungkin hampir sama atau 4 kali lebih besar dr Indonesia. Yang membedakan adalah panjangnya peron. Karena rata-rata memang panjang sekali kereta di India. 3 hingga 4 kali lebih panjang dr kereta di Indonesia. Ini sudah termasuk gerbong 1 Class AC, 2 Class (Non-/AC), 3 Class (Non-/AC), Chair Class, General Class, Ladies Coach, serta Disabled Coach khusus untuk orang cacat.

Untuk yang baru pertama kali ke India mencoba kereta dengan General Class tentunya membutuhkan nyali super besar. Saya pribadi sebenarnya lebih suka karena suasananya lebih cair. Mana mungkin kalian bisa lihat orang masak air didalam kereta yang sedang berjalan? Atau mengeringkan celana (dalam) dengan kipas angin yang ada pada masing-masing gerbong atau malah bermain dengan anak-anak India yang super jahil tapi sekaligus lucu-lucu.

Untuk tiket jangan harap untuk mendapatkan informasi yang jelas pada tiket yg kalian dapat. Perhatikan saja pengumuman di stasiun karena pasti banyak perubahan dari waktu ke waktu entah itu jadwal waktu atau perpindahan jalur peron secara mendadak. Lalu yang terpenting jangan hanya mengandalkan informasi dari satu atau dua orang.

Pada saat naik kereta, alangkah baiknya apabila memilih upper berth* klo mau aman. Klo mau duduk di lower berth pastikan barang aman dari jangkauan tangan usil. Membawa rantai dan gembok bisa dibilang normal apabila naik kereta apalagi untuk rute yang terkenal ramai seperti New Delhi dan Agra.

Bagi yang bermasalah dengan kandung kemih, jam paling banyak orang ke WC adalah sebelum stasiun terakhir atau jam 8 dan 9 pagi. Pastikan untuk membawa tissue basah atau sabun sendiri. Toilet di India mempunyai sistem basah yang sama seperti di Indonesia dengan tingkat kebersihan hampir sama seperti di Indonesia dan meningkat mengikuti kelas.

Jadi apakah kalian siap untuk naik kereta di India?

*kalau yang suka tidur di loteng pasti suka. Tidak disarankan bagi yang punya fobia ketinggian :D

Advertisements

3 thoughts on “India : Naik Kereta Api di india

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s