8 Tips Smart Investment untuk Pemula

Salam profit!

Apapun bentuk pekerjaan anda tidak salahnya untuk mencoba berbagai produk finansial dibandingkan hanya menabung. Salah satu diantaranya adalah trading atau jual-beli saham apabila kita menginginkan keuntungan dalam waktu singkat. Jadi disini ada konsep yang berbeda dengan investasi untuk tujuan, jangka waktu, strategi yang kita gunakan.

Sebelum terjun ke dunia trading, tidak kenal maka tidaklah sayang. Proses untuk menjadi trader yang sukses memang membutuhkan perjalanan yang cukup panjang.

There is no free lunch, no?

Trading yang dilakukan dalam rentang waktu cukup singkat tentunya dapat menimbulkan high pressure and dampak psikologis secara personal. Saya sendiri masih pemula dalam dunia trading. Walaupun demikian dari jauh hari saya telah memantapkan diri untuk belajar lebih jauh mengenai dunia trading saham. Hal ini karena terus belajar dalam dunia trading adalah salah satu faktor penting dan kunci sukses dalam smart investment.

Hingga kini saya selalu belajar memperhatikan tren pasar saham hingga akhirnya nanti dapat membeli saham. Karena ketika kita masuk ke dunia pasar modal tentunya sangat diperlukan perhitungan yang cermat dan kendali diri. Pengalaman sukses ketika melakukan simulasi pasar modal misalnya, penting untuk disikapi secara bijak. Tentunya akan berbeda apabila di dunia nyata akibat adanya tekanan faktor psikologis. Saya jadi teringat ketika melakukan simulasi saham di acara Investasi Cerdas 2015 bulan Mei 2015 lalu. Ada rasa euphoria yang berlebihan ketika harga saham yang kita perjuangkan menembus angka yang kita inginkan. Trading saham ternyata bukan hanya masalah uang semata tapi juga ego dan emosi kita dalam menguasai keadaan.

Dengan menerapkan 8 kebiasaan dibawah ini bisa jadi kesuksesan dunia trading ada di tangan kita :)

1. Membaca Buku atau Blog Trading Saham

Hal ini penting untuk mengetahui strategi maupun berbagai istilah trading, contohnya analisis teknikal dan analisis fundamental. Saat telah ini banyak mengenai buku dan blog berkisar tentang HOW TO DO trading saham dalam Bahasa Indonesia. Biasakan pula mengenal kode saham sedari dini dengan cara melihat daftar LQ45.

 2. Memiliki Role Model.

Strategi trading perlu ditetapkan sedari dini seperti dari Peter Lynch dan Warren Buffet. Follow juga twitter dan media social para big influencer kalangan trader. Tips harian suhu trader baik dalam dan luar negeri bisa jadi penting untuk membangun motivasi sekaligus mengetahui insight perbankan terkini.

4. Terus menerus belajar sebelum akhirnya memiliki saham.

Tentukan pilihan saham yang menurut kita tepat untuk berinvestasi (bukan kata orang lain). Apakah termasuk saham dari sektor perbankan, konsumen atau pertanian, dsb? Saat ini saya telah memiliki setidaknya 3 saham favorit yang selalu saya pantau perkembangannya seminggu sekali. Berita televisi dan media sosial juga dapat dijadikan acuan informasi tentang dunia keuangan saat ini.

5. Menabung dan menyisihkan uang untuk trading.

Mungkin ini banyak yang tidak diketahui oleh khalayak ramai. Sebaiknya uang yang digunakan adalah uang sampingan dan bukan hasil pinjaman sehingga kita terbebas dari rasa bersalah.

6. Mengikuti kelas Investasi Cerdas oleh Mandiri Sekuritas dan Bursa Efek Indonesia (IDX).

Salah satu pintu gerbang pertama untuk terjun dalam dunia pasar saham Indonesia adalah dengan mendapatkan ilmu, tips dan trik berinvestasi di saham dan pasar modal bersama Mandiri Sekuritas dan Bursa Efek Indonesia.

7. Memiliki rekening saham di Mandiri Sekuritas

Gerbang kedua untuk melakukan trading saham adalah dengan mendaftarkan diri sebagai nasabah Mandiri sekuritas. Oh ya ketika kita mendaftarkan diri sebagai peserta Kelas Investasi Cerdas maka secara langsung kita dapat membuka rekening saham di Mandiri Sekuritas lho ;)

8. Mendaftarkan diri ke grup mailing list

Terakhir, sebagai contoh adalah Mandiri Sekuritas Investor Club (mansek_investor_club@yahoogroups.com) yang akan sangat berguna bagi trader pemula untuk mendapatkan insight perbankan terkini dan tips strategi bersama dengan para teman-teman trader lainnya.

Selamat belajar dan menikmati perjalanan menjadi trader yang sukses!

Think smart for your investment!

Felicia Lasmana adalah peserta Investasi Cerdas 2015, Batch I – 30 Mei 2015 berkat undangan Mandiri Sekuritas.

Tulisan ini 8 Tips Smart Investment untuk Pemula pertama kali muncul di www.felicialasmana.com sebagai bagian Lomba Blogging Seputar Investasi Cerdas yang diadakan khusus netizen peserta Investasi Cerdas.

Untuk informasi lebih lanjut untuk Kelas Investasi Cerdas, dimohon untuk mengunjungi Mandiri Sekuritas (investasicerdas@mandirisek.co.id atau @Mandiri_OLT) dan Bursa Efek Indonesia (@IDX_BEI )

Advertisements

4 thoughts on “8 Tips Smart Investment untuk Pemula

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s