Jurnal Chevening #3: Welcome Home

Seharusnya tulisan pendek ini hadir awal Januari lalu. Namun karena beragam jadwal dan kegiatan baru kali ini saya luncurkan. Selepas berangkat ke Inggris September 2016 yang lalu, saya kembali berkaca kembali pengalaman saya bulan ini. Saat ini  tahun lalu di bulan Mei 2017 mungkin merupakan masa-masa mendebarkan menuju persiapan thesis untuk program Master’s saya di University of Kent. 

Berawal dari kesempatan untuk melanjutkan S2 yang kedua di Inggris. Ada saatnya perjumpaan pertama dengan kawan-kawan Chevening Indonesia, orientasi di Kedubes Inggris di Kuningan Jakarta, serangkaian acara Chevening ketika berada di Inggris dan akhirnya acara perpisahan yang mungkin tepatnya acara Welcome Home ketika kembali di Indonesia. Yang menarik mungkin ketika di Inggris karena Chevening sebagai penyelenggara program beasiswa tidak hanya menyediakan dana pendidikan tapi juga memanjakan para scholarnya yang pada tahun 2017 sekitar 1900 Chevening scholars dari 140 negara.

Secara berkala Sekretariat Chevening memiliki banyak kegiatan terkait Commonwealth untuk mempromosikan kebudayaan Britania Raya seperti beragam program kuliner/jalan-jalan/wisata sejarah/wisata alam hingga diskusi terbuka dengan beragam topik menarik. Walau sudah ada LinkedIn, kekuatan jejaring Chevening Alumni dan Scholar di seluruh dunia juga dapat dijajal dengan aplikasi eksklusifnya di Chevening Connect.

Sekembalinya dari Inggris tentu saja bukan akhir dari program Chevening. Bagi saya ini merupakan titik balik perjalanan karir saya untuk bagaimana terus menerus mengembangkan potensi diri dan berkarya dengan bekal pendidikan yang telah saya terima dan pengalaman yang dapatkan ketika bersekolah di Inggris. Mungkin teman-teman scholar Indonesia lainnya juga memiliki perasaaan akan hal yang serupa atau lebih seru lagi tentunya.

Berikut tulisan saya mengenai pengalaman Chevening lainnya.

Atau bisa simak vlog Aga Prima di sini dan blog Pratiwi Hamdhana di sini. Keduanya merupakan penerima beasiswa Chevening di tahun yang sama dengan saya :)

WhatsApp Image 2018-02-07 at 15.23.23

Chevening Alumni Welcome Home and Annual Gathering 2018. Photo by Raras Tulandaru


Jurnal Chevening #4: Welcome Home muncul pertama kali di www.felicialasmana.com

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s